RSS

To Be Leader is Like to be a Father

To Be Leader is Like to be a Father


Apa sih Leader? Apa sih Pemimpin itu sebenarnya? Mungkin banyak sekali buku-buku yang ada di perpustakaan dan di toko-toko buku serta beberapa halaman web di internet yang menjelaskan itu secara menyeluruh dan mendalam, disini saya cuma ingin sedikit share aja pengalaman saya saja selama beberapa tahun ikut berorganisasi dari SMA sampai di bangku kuliah.

"To Be Leader is Like to be a Father and Mother" itulah yang mungkin dapat saya gambarkan saat ini. Menjadi pemimpin itu bukanlah hal yang mudah, dan tidak sulit karena seperti kata salah satu senior saya "ojo gampangke, ojo di pikir mumet juga, soal e nek ra gelem mumet yo ra usah urip" yang mana dalam bahasa Indonesianya "jangan gampangin, jangan di pikir pusing juga, soalnya kalau tidak mau pusing ya tidak usah hidup". Pemimpin merupakan sebuah amanah yang diserahkan kepada seseorang. Seseorang yang yang telah di percaya oleh sekelompok orang untuk mengemban amanah tersebut.

Disini saya ingin sedikit berbagi pengalaman saja untuk para calon pemimpin baik itu pemimpin diri sendiri, hingga yang tertinggi. Menjadi pemimpin itu bukanlah hanya sekedar bagaimana mencapai tujuan yang diinginkan, tetapi sebagai pemimpin itu juga WAJIB memberikan contoh dan mendidik bawahannya untuk dapat bekerja lebih dan mengembangkan potensi yang terpendam. Seperti seorang ayah yang mendidik anaknya yang kelak akan menjadi ayah sapertinya dan pasti harapan semua ayah didunia ini adalah anaknya menjadi jauh lebih baik dari ayahnya.

Mendidik bawahan itu seperti bermain layangan, susah susah gampang. Mengapa saya menyatakan seperti itu? soalnya yang kita hadapi itu adalah manusia bukan robot yang ketika dimasukkan program untuk melakukan sesuatu dia dapat langsung melakukannya. Selayaknya layangan yang mana apabila kita menariknya terlalu kencang, layangan tersebut tidak dapat terbang dengan sempurna dan apabila kita mengulurnya terus, dia akan terbang tinggi dan ketika benang tersebut telah habis dia akan putus. Seperti itulah gambaran sederhananya menjadi pemimpin. "feel" itulah yang terpenting yang dibutuhkan oleh seorang pemimpin karena rekan kerja yang dibawahnya juga manusia. 

"PEMIMPIN YANG BAIK ADALAH PEMIMPIN YANG DAPAT MENCIPTAKAN PEMIMPIN-PEMIMPIN YANG JAUH LEBIH BAIK"



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar