RSS

Sharing




Sharing

Berbagi yang dalam bahasa inggris sharing ini memiliki pengertian yaitu memberikan apa yang kita miliki baik itu berupa barang atau benda maupun pemikiran kepada orang lain. Berbagi tidak pernah mengenal waktu dan tempat, bahkan tidak memandang subyeknya kepada siapa kita berbagi.
Berbagi dapat dilakukan dengan memberikan sebagian harta atau benda yang kita miliki kepada orang lain yang membutuhkan, seperti: memberikan sedekah kepada orang-orang yang benar-benar memerlukan, atau dengan memberikan baju-baju yang masih layak pakai kepada para korban bencana alam seperti yang terjadi beberapa waktu lalu di Yogyakarta, dan masih banyak lagi yang lain. Selain dengan harta benda, kita juga dapat berbagi dengan memberikan bantuan secara fisik / tenaga, seperti: dengan suka rela membantu dalama kerja bakti di lingkungan rumah, dll. Berbagi juga tidak harus dengan tenaga maupun harta, tetapi juga dapat dilakukan dengan pikiran. Mungkin sebagian dari kalian pernah, bahkan sering berbagi dengan pikiran, contoh sederhananya adalah curhat, yang sangat akrab dengan manusia yang pada dasarnya adalah makhluk sosial yang hidup berdampingan satu sama lain.
Berbagi adalah hal kecil yang memiliki manfaat yang cukup dalam, karena dalam berbagi kita akan jauh menjadi lebih kaya dari sebelumnya, contohnya: Ketika seseorang pengusaha berbagi cerita kegagalannya dalam sebuah bisnis kepada kita, kita dapat memetik banyak pelajaran dari cerita pengusaha tersebut agar suatu saat ketika kita menjalankan sebuah bisnis, kita tidak mengalami kegagalan yang sama dengan orang yang berbagi cerita tersebut. Dengan begitu berbagi dapat menjadi sebuah referensi pengalaman hidup kita,meskipun kita belum pernah merasakannya namun kita dapat melihatnya dari orang lain.
Terkadang seseorang sungkan untuk berbagi kepada orang lain, terutama dalam ilmu pengetahuan. Mereka takut tersaingi apabila ia membagikan ilmunya kepada orang lain. Namun menurut saya itu salah, karena apabila kita berbagi ilmu pengetahuan kepada orang lain, secara tidak langsung kita akan lebih mendalami ilmu pengetahuan tersebut. Contohnya: ketika kita mengajarkan teman kita tentang cara merawat tanaman, maka secara tidak langsung kita memutar kembali memori kita tentang cara merawat tanaman, sehingga kita akan lebih mendalaminya.
Jadi, berbagi adalah hal yang menyenangkan dan dapat dilakukan oleh siapa saja, kapan pun,dimana pun. Mulai saat ini, belajarlah untuk berbagi kepada orang lain, karena dengan berbagi kita akan semakin “kaya”.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar